Rabu, 04 November 2015

Upgrade Tenaga Vario techno 110

Sebelumnya saya ucapkan salam bertemu kembali setelah long long time no see,,,hahaha. Sibuk berkeluarga dulu. Langsung saja ke pokok masalah sesuai judul diatas.


Yap....saya punya 3 vario di rumah (eits ga sombong lho), 2 vario pertama dan 1 vario techno. Semuanya 110 cc.
Setelah sekian lama saya pakai timbul beberapa gejala problem dan niatan untuk upgrade.
Saya hajar yang vario pertama sebagai bahan praktek, langsung saja ke bagian CVT.




Awalnya browsing sana sini cari referensi di mbah google,akhirnya nanya langsung ke pak dhe aja ( yang punya bengkel sebelah rumah) didapat beberapa opsi untuk problem solving
Problem pertama, Tarikan terasa loyo
Problem kedua, awal tarikan bergetar terasa sampai ke stang kemudi
Problem ketiga, Top Speed kurang,mungkin akibat problem pertama
Problem keempat, terasa tambah boros ni motor.

Oke,,masalah teridentifikasi. Akhirnya Bongkar area CVT.

Siapkan Alat dan Bahan (part) terlebih dahulu.
Alat : Kunci shock T 8 mm, obeng + panjang, Drei ketok, palu yang agak gede. Set anak kunci shock 
Bahan : roller weight 10g (aftermarket), V belt CVT (aftermarket), Pegas CVT TDR yang kuning (1500rpm). Karet cover pulley sentrifugal 

Langkah kerja : Lepas cover CVT menggunakan kunci shock T 8 mm. 
Lepas Unit Driver primery sheave untuk mengganti roller weight, gunakan kunci ketok dan sesuaikan anak kunci nya. (hehehe..sory lupa kalo ga salah 22 apa 24 ya?)
Lepas bagian dudukan roller weight,,langsung tarik tapi pelan aja ya.
kemudian Lepas unit Driven secondary sheave untuk mengganti pegas CVT nya, gunakan kunci ketok dan sesuaikan anak kunci nya. (hehehe..sory lupa lagi kalo ga salah 17 apa 19 ya?)

Setelah semua lepas dari Shaft nya masing2, sekarang kita bongkar unit Driven.

lepas mur pengikat di paling atas pada gambar diatas. setelah lepas,bongkar kemudian ganti pegas nya menggunakan pegas TDR yang kuning. Kemudian pasang kembali Mur pengikatnya. 
Pasang kembali semua bagian Driven ke shaft nya di motor. Jangan lupa V Belt yg baru juga dipasang.

Untuk mengatasi problem bergetar saat tarikan pertama, ganti karet pada gambar berikut

Karet tersebut seiring penggunaan akan aus. Maka ganti saja.
Pasang kembali Unit Driver Primary sheave. Jangan lupa cek jangan sampai saat memasang, V Belt terjepit. Pasang Kembali cover CVT. 

Yang tak kalah penting , Ganti filter air karburator . jika budget kurang ,minimla di bersihkan gp2 asal filter masih layak.

Test Drive............................................................................................................................................

Hasilnya maknyusss, tenaga dan top speed dapat semua.
Untuk total budget bisa berbeda,,tergantung harga part di daerah masing masing.

Oke bro,,,selamat mencoba. Keep Safety Riding!
*data diatas berdasar pengalaman saya,tdk mewakili pihak manapun.



2 komentar:

  1. Kisaran total biaya untuk parts berapa om?
    Problemnya sama nih, jadi pengen aplikasiin ke var110 karbu.

    BalasHapus
  2. bs dihitung estimasi nya di alamat ini, untuk perkiraan saja
    http://listprices.blogspot.co.id/2012/12/spare-part-vario-cw.html

    BalasHapus

silakan berkomentar,namun tetap jaga etika