gambar: dari google
upgrade : mesin -> 150 cc,,
untuk lebih lengkapnya cekidot
belah mesin agar kita bisa menggantisemua part2 yang sudah harus diganti.
stang piston : bawaan asli,jika harus diganti pakai stang punya satria FU 150 asli : 450 rb an
piston set satria FU asli :150 rb an
pen piston satria FU asli,dan pen piston yamaha rx spesial asli :2 biji 70 rb an
klep/valve pakai yg racing diameter 25/28: 100 rb an
per kopling racing :100 rb an
gear sproket vixion 42;14
sekarang kita mulai pengerjaanya:
stang piston jika sudah tak layak pakai sebaiknya diganti dg stroke up maksimal 2 mm
bureng/silinder di ganti dengan ukuran 68/69,bureng asli hanya sekitar 64 an
di colter sesuai piston satria FU
silinder head di pasangkan dengan klep racingnya,samakan panjang atau pendekin 2mm
untuk pen piston,jika masih pakai stang asli thunder harus dibuatkan bushing,yaitu pakai pen asli satria untuk dijadikan bushing,jika sdh diganti dengan stang satria FU,bisa digunakan pen satria FU.
circlip satria FU asli,biarpun barang kecil dan spele tapi bisa berakibat fatal.
Sekarang jika prosesing bubut dan kolter sudah selesai mari kita rakit.
Mulai kita pasang stang seker ke blok mesin,jangan lupa ganti bearing poros engkolnya bro...wajib
merakit blok mesin thunder susah2 gampang karena harus menepatkan transmisi saat dua blokmesin disatukan,setelah selesai pastikan baut pengikat terpasang dg benar.
Kemudian rakit silinder dan piston,pastikan piston terpasang dengan benar terutama circlip pen piston
Jangan lupa penyesuaian packing terhadap silinder. setelah terpasang coba putar manual mesin untuk mengetahui gerak piston baik atau tidak.
Rakit silinder head (yg sudah di skur klep nya) bersama dengan rantai timing(kamprat),tepatkan titik TMA piston. lalu tutup silinder head dipasang.(tutup noken as).
Pastikan kembali pemasangan blok mesin dan perakitan bagian silinder untuk make sure.
Pasang magnet pengapian dan pasang blok magnetnya.
Rakit unit kopling kembali.per kopling sebaiknya racing.
Pasang blok cover kopling dan starter serta kelistrikan lainya.serta knalpot.
Pastikan kembali sudah terpasang semua,masukan oli pelumas, lakukan penyetingan kerenggangan klep agak renggang (in 0.8 ex 1,8 an)
Saat start biarkan langsam putaranya,3000-4000rpm selama 30 menit
setelah itu setting ulang kerenggangan klep sesuai karakteristik mesin sekarang.
Perhitungan diatas Kertas :
CC mesin : pi x borexborexstroke:4 sehingga menjadi 3.14x62x62x48.5:4 = 148 cc an = 150 cc
jika kita pakai perhitungan stoke up maka akan menjadi ;
3,14x62x62x52,5:4 = 158 cc = 160 cc
karena CC naik sehingga butuh pasokan bahan bakar yg mumpuni,bisa kita pakai punya RX king (150 rb an tp KW) atau bisa digunakan lagi karbu asli dengan settingan2 pas.
Untuk TCI atau CDI pake BRT unlimited (350 rb),busi dan coil standart aja.
FYI akan terjadi Fibrasi engine yg bertambah karena RPM tembus diatas 12 rb rpm (RPM meter sampe ga kuat) tapi kelemahanya yaitu sistem kopling thunder kurang mumpuni walau sudah diganti pakai per kopling.
Knalpot sebaiknya yg free flow untuk memaksimalkan hasil up grade.
Sedangkan untuk lain lainya terserah selera mas bro aja,
Sekian dulu sekilas ulasan tentang upgrade Thunder 125,semua ini sudah teraplikasi di motor thunder 2008 saya sendiri. hasilnya,,,,,,,,,,,,,,,,monggo dibuktikan.....
Thunder gaul kie...
BalasHapustop speed jadi berapa tu bro?
BalasHapusItu make fairing motor apa n pala motor apa ya?
Makasih
Mantap mas bro..
BalasHapusTp kalau gk di strok boleh gk masbro.
mas bro,mau nanya,klo blok mesin thunder tapi blok head di ganti full set satria FU bisa gak?saya punya suzuki thunder 2008.pengen di ganti full set head blok FU
BalasHapus